Ebiz Ads

Rabu, 23 Desember 2009

Gulungan Laba Kue Gulung


Kemampuan mengemas bisnis terkadang bisa menjadi kunci keberhasilan seorang pengusaha. Begitu yang dialami oleh Sugiono yang sukses mengemas bisnis kue gulung.

Pria pensiunan seorang montir ini akhirnya memilih membuka usaha pembuatan kue semprong atau gulung hanya bermodalkan Rp 400.000, untuk membeli cetakan dan bahan baku adonan dan kompor.

Kue gulung? mungkin bagi sebagian orang kurang akrab dengan nama kue ini. Kue semprong atau kue gulung identik dengan kue makanan rakyat dengan bentuk sederhana hanya digulung-gulung memanjang dengan cita rasa renyah seperti krupuk.

Kisah suksesnya berawalnya pada tahun 2003 lalu, pada waktu itu ia mengaku kebingungan usai pensiun dari seorang montir. Pria yang mengaku yang saat ini berumur 76 tahun ini resah dengan masa pensiunnya tanpa ada kegiatan.

Semenjak itu lah ia memantapkan usahanya lebih serius dengan memproduksi secara massal. Pasar pertamanya adalah mengincar pembeli dikalangan menengah atas di wilayah perkantoran. Walhasil, sungguh menakjubkan kue semprong buatannya laris manis.

"Wah karena direspons bagus, saya langsung saja daftarkan produk saya ke depkes," tuturnya.

Produk kue semprongnya ia berani tawarkan mulai dari Rp 20-30.000 setiap satu pak dengan isi 30 batang. Saat ini ia hanya baru sedikit mengambangkan cita rasa yaitu rasa wijen, vanila dan rasa biasa.

Sugiono mengaku kue semprongnya laris manis mendekati Lebaran, Tahun Baru dan Natal. Dengan mengambil segmen menengah atas, tak segan-segan ia mengemas produknya semenarik mungkin dengan kemasan yang bagus. Ia mengaku saat ini omset usahanya hingga belasan-puluhan juta per bulan.

Kunci utama dari keberhasilan usahanya adalah kemampuan mengemas produk. Ia sadar kue semprong di pasaran selama ini dikemas apa adanya dengan tidak menarik. Ia mulai melakukan terobosan dengan membuat kemasan lebih eksklusif dengan berani memasang harga tinggi.


Yo' Gulung

Jl. Suryodiningratan MJ II/641 Gg Rahmat Kav BNI Yogyakarta 55141

Tidak ada komentar:

Posting Komentar