Ebiz Ads

Rabu, 24 Maret 2010

Ebiz News

Bisnis Distro, Sebulan 24.000 Desain Baru


Proses untuk mendapatkan hak cipta atas desain busana di Jawa Barat, terutama untuk busana anak muda, masih sulit ditempuh. Langkah itu membutuhkan waktu yang cukup lama, hingga dua tahun.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jabar Ferry Sofwan di Bandung, Selasa (23/3/2010), mengatakan bahwa proses itu lama karena Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia membutuhkan waktu untuk mengecek keorisinalan desain yang diajukan.

Sementara itu, pelaku distribution outlet (distro), factory outlet, dan clothing harus mengganti rancangan desain busana untuk anak muda secara cepat dan rutin, biasanya sebulan sekali. Jumlah desain busana yang dikeluarkan setiap bulan pun sangat banyak.

"Di Bandung, jumlah distro dan clothing saja sekitar 1.200 unit. Setiap bulan, jumlah desain yang dikeluarkan usaha pakaian itu ditaksir mencapai 24.000 buah," katanya.

Ferry mengatakan, Kementerian Perindustrian juga sedang menyusun daftar motif batik di Indonesia. Langkah itu dilakukan agar motif batik lokal tak ditiru negara lain. Saat ini, produk batik dari China sudah beredar di pasar lokal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar