Ebiz Ads

Jumat, 12 Maret 2010

Pengguna Internet Tidak Manfaatkan Peluang Bisnisnya


Pengguna Internet di Indonesia saat ini sekitar 25 juta dan disayangkan baru sebatas pengguna (user).mereka belum banyak memanfaatkan peluang bisnis di bidang telematika itu.

"Negara maju seperti Jepang, industri telematika sudah sangat pesat. Bahkan, keuntungan dari game one line saja mencapai Rp 10 triliun per tahun," ungkap Direktur Industri Alat Transportasi Kementerian Perindustrian Ramon Bangun, sebagaimana dikutip dalam siaran pers yang dikeluarkan Humas Pemko Bogor, Kamis (11/3/2010) sore.

Ramon Bangun menyatakan hal itu saat membuka pelatihan di bidang Teknologi Informasi untuk UKM dan Interoperabilitas, bagi jajaran Pemerintah Kota Bogor di Balaikota Bogor.

"Dengan pengguna mencapai 25 juta, Indonesia berada di peringkat ke-5 pengguna internet di Asia. Ini peluang besar bagi para pengusaha telematika di Indonesia untuk mengembangkan usahanya baik ditingkat lokal maupun Internasional," katanya.
Sekretaris daerah Kota Bogor H.Bambang Gunawan mengatakan, sejauh ini sudah banyak usaha-usaha kecil sukses berkembang, karena kegiatan marketing dilakukan dengan memanfaatkan teknologi informasi.

Dengan memanfaatkan internet, mereka mempromosikan produk yang dibuat atau produk yang dijual, sekaligus mereka bertransaksi untuk pembelian bahan baku produk maupun bertransaksi penjualan produknya. Pengusaha akan sulit mengelola dan mengembangkan bisnisnya kalau tidak pernah mau mempergunakan teknologi informasi.

Dia berharap, melalui pelatihan ini akan mampu meningkatkan kemampuan para pengusaha UKM di Kota Bogor dalam menghadapi perdagangan bebas Asean China saat ini.
Adapun Kepala Bidang Komunikasi dan Informatika (Kominfo), Dinas Perhubungan dan Kominfo, Hermansyah mengatakan, pelatihan itu memang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan para pelaku UKM dan aparat Pemerintah Kota Bogor, termasuk lurah, dalam bidang teknologi informasi.

Tahap pertama pelatihan untuk pelaku UKM sebanyak 20 peserta selama 3 hari (11-13/3/2010). Tahap kedua pelatihan Interoperabilitas untuk aparatur Pemerintah Daerah Kota Bogor sebanyak 60 orang (11-20/3/2010). Materi pelatihan di antaranya pembuatan website toko online, internet marketing, dan banner animasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar